Manfaatkan Jatah Cutimu dengan Backpacking ke Vietnam

Backpacking
Sumber: freepik.com
Beberapa tahun belakangan, Vietnam menjadi salah satu destinasi favorit para backpacker dari seluruh dunia. Termasuk para backpacker dari Indonesia yang tertarik liburan ke sana karena harganya cukup terjangkau bila dibandingkan dengan Negara lain di sekitarnya.

Liburan ke Negara ini juga tidak memerlukan waktu yang sangat panjang, hanya sekitar 7 jam penerbangan dengan Vietnam Airlines ke Hanoi. Kalau kamu sudah punya rencana buat cuti di momen hari kejepit nasional yang banyak tersebar di sepanjang 2018, Vietnam adalah salah satu destinasi yang nggak bakal bikin kamu kecewa.

Nah, sebelum berangkat, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal buat backpacking di Vietnam berikut ini.

Beberapa destinasi pilihan

Hanoi
Hanoi
Sumber: pixabay.com
Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Vietnam. Yang paling wajib adalah Hanoi, Ibukota Negara yang pastinya menjadi tujuan perjalanan pertama setelah mendarat dengan menumpang Vietnam Airlines. Kota ini cantik, dengan beberapa pantai menarik yang pasti bikin betah. Kehidupan masyarakat di Hanoi pun menarik untuk disimak, karena bakal membuatmu merasa tak jauh beda dengan Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Penuh hiruk pikuk yang menarik.

Halong Bay
Halong Bay
Sumber: pixabay.com
Tujuan berikutnya yang juga wajib kamu kunjungi adalah Halong Bay. Bisa dibilang, ini adalah pantai terbaik di Vietnam dan selalu jadi jujugan para wisatawan. Meski demikian, Halong Bay juga sangat welcome pada para backpacker, jadi tak perlu merogoh kocek terlalu dalam buat menikmati indahnya kawasan ini.

Mui Ne
Mui Ne
Sumber: pixabay.com
Cantiknya gurun pasir yang berhadapan dengan pantai yang ombaknya tenang menjadi pemandangan utama di Mui Ne. Kontrasnya pemandangan dua fenomena alam ini dijamin bikin jatuh cinta pada pandangan pertama. Silahkan nikmati keindahan pantai yang ada disini sepuasmu!

Kota Kuno Hue
Hue
Sumber: pixabay.com
Hue adalah salah satu kota kuno dengan bangunan-bangunan bersejarah yang masih terjaga sampai sekarang. Jalanan yang ramai dengan penduduk lokal nan ramah, serta pemandangan di sekitar kota, seakan melemparkanmu ke masa lalu Vietnam yang penuh sejarah.

Tips dan Trik


Ada beberapa hal yang perlu kamu catat untuk perjalanan ke Vietnam, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
-    Jangan pernah lupa bertanya harga apapun. Makanan, minuman, penginapan, transportasi. Tanyakan dulu berapa harganya di awal, agar kamu tidak tertipu dengan harga yang terlalu mahal.
-   Bus menjadi alat transportasi andalan di Vietnam, dan ada beberapa pilihan buat membeli tiket terusan. Namun biasanya tiket ini justru bikin ribet. Jadi sebaiknya beli tiket bus satuan saja.
-   Untuk perjalanan dalam kota atau tempat yang tak terlalu jauh, sebaiknya sewa motor harian. Selain lebih murah, naik motor ke banyak tempat menarik yang tak terjangkau bus akan menjadi pengalman tersendiri, kan? Namun jika perjalanan kamu panjang, sebaiknya pilih kereta api yang harga tiketnya sangat murah.
-   Selalu berhati-hati pilih agen perjalanan lokal. Karena tak jarang agen yang menaikkan harga penginapan dan transportasi jauh lebih mahal daripada yang seharusnya karena wisatawan tak mengerti soal bahasa. Tips terbaiknya adalah dengan memesan tiket Vietnam Air kamu sekaligus hotelnya langsung dari Indonesia. 
Jangan segan mencicip makanan di pinggir jalan. Selain harganya lebih murah, jajanan di pinggir jalan juga memiliki rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan resto di sana.

Prinsip jangan malu bertanya agar tidak sesat di jalan sangat berlaku di Vietnam. Semakin kamu rajin bertanya kepada penduduk sekitar dan mencari informasi tambahan via internet, perjalanan kamu di sana selama liburan kejepit pun makin lancar dan aman.

Pesan tiket Vietnam Airlines sekarang yuk, biar nggak kehabisan buat perjalanan ke Vietnam nanti!

Share this:

Johanes Anggoro

Ceyron Louis

Yang ingin terus berjalan lebih jauh lagi. Berjalan untuk menapaki kisah, bukan meninggalkan. Terimakasih telah kembali, untuk menilik apa yang mungkin pernah terselip, disini. Di sore ini.

24 Komentar:

  1. Prinsip yg nggak kalah penting mas, minta digratisin liburan. Siapa tahu bisa diajakin liburan ke Vietnam, wkwkwk

    BalasHapus
  2. Kalo aku ke vietnam dijamin kaya, lahh rupiah nilai tukarkesana nya lbh besar

    BalasHapus
  3. Vietnam sebelumnya bukan destinasi impianku sih, cuma ternyata dia bagus- bagus ya

    BalasHapus
  4. Waaaini... Vietnam cocok untuk mengungkapkan perasaan mas.
    Di Mui ne misalnya.

    Di pinggir pantai, dengan sapaan deburan ombak, terus bilang ke dia:

    Mui Ne kahhhlahh dengankuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yawla Mbak Dwiiii ahahahahaha, sumpah ya aku ngakak baca kalimat terakhir :v

      Hapus
  5. belum kesampaian main ke Vietnam euy.. masih dalam bucket list tahun ini..

    BalasHapus
  6. aku penasaran, hue dibacanya Hu We, Hyu, apa Hu aja yah wkwkkww

    BalasHapus
  7. Aaark Vietnam xD pasti langsung ingat dengan nama-nama 'Nguyen', 'Trang', atau nama-nama yang gak ada vokalnya. Dah nyerah saya kalau baca tulisan mereka xD diakritiknya banyak banget huehehe.

    BalasHapus
  8. Yang paling populer menurutku yang Halong Bay itu. Sering banget liat di akun-akun instagram.
    Laut sama bukit karangnya bagus banget!

    BalasHapus
  9. vietnam mulai populer mas. Patung Paman Hoo juga selalu ramai untuk foto. tentu saja halong bay bisa jadi pilihan untuk refreshing.

    BalasHapus
  10. Vietnam memang populer ya sekarang, apalagi Halong Bay dengan view pantainya

    BalasHapus
  11. Vietnam ini kayaknya seru buat dikunjungi, terlihat menantang.

    BalasHapus
  12. Masih terasa asing destinasi disana menurutku, dan bisa dilist dulu, niatin. Semoga aja bisa kesana juga..

    BalasHapus
  13. Yawla boro boro ke vietnam mas, ke seberang pulau juga apakabar ahahahha edisi sangat kekurangan piknik
    Klo ke luar kendala bahasa nih yang masih jadi hal paling serius, takut kesasar juga ga bisa baca arah ahahha

    BalasHapus
  14. kalau ada kesempatan buat ke vietnam, sha pengen banget liat bilomunesensi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak salah yang bener Bioluminesensi deh, Teh. Mangga dikoreksi takut aku yang salah..hehe

      Hapus
  15. Vietnam oke juga, pengen Kamboja juga sih, tapi daerahnya masih kurang stabil kayak Myanmar. Guru Inggris gua mesti amputasi karena keliling pedalaman di Kamboja kena ranjau :(

    BalasHapus
  16. ah vietnam jadi inget uncle Ho
    bagus banget negara ini aku pengen ke Halong Bay
    sama ke museum-museumnya
    tapi yang paling pengen beli baju palu arit
    eh...

    BalasHapus
  17. Vietnam itu satu2nya negara di kawasan Asia Tenggara yang membuat orang Indonesia seolah2 kelihatan 'kaya' begitu mendarat di negaranya hehehe. Habisnya sih mata uangnya lebih rendah dari Indonesia. Makanan banyak yang gak halal aka mengandung babi. Banyak scam. Kalau keliling Hanoi aja sih bisa banget kok jalan kaki. Asal bisa baca peta aja sih. Pengalamanku, di sinilah sekali-kalinya aku 'tersesat' pas keliling Asia Tenggara. Hiks :'(

    BalasHapus
  18. Kalo kesampaian ke Vietnam aku penasaran pengin trekking ke gurun pasir Barchan Le Mui Ne Sand, tandingan gumuk pasir Yogyakarta ...

    Ke Halong Bay juga cakep ..

    BalasHapus
  19. Wah, Vietnam memang selalu menarik ya mas.
    Segala wisata alamnya dan kearifan lokalnya jadi daya tarik, bikin yang belum ke sana jadi mau ke sana dan yang sudah ke sana jadi mau balik lagi.
    2016 lalu sempat ke sana, naik Vietnam Airlines juga dan memang negaranya indah ditambah lagi transportasinya yang nyaman dan fasilitas yang OK.

    makasih buat sharingnya ya mas :)
    jadi mau balik ke Vietnam lagi.

    BalasHapus
  20. Wah,,,perlu dimasukin list nih, siapa tahu dapat rezekilebih bisa kesini.

    BalasHapus
  21. Apa kalo di Vietnam sama seperti di Bali, warganya paham b inggris?

    BalasHapus
  22. vietnam itu khasnya street foodnya yang pakai tempat duduk mungil atau dalam bahasa daerahku disebut "jengkok".

    BalasHapus